Membuat Kubah Enamel di Google Sketchup

Haloo, lama tidak jumpa.. Tips kali ini adalah membuat gambar kubah enamel di google sketchup. Oke langsung saja.

1. Gambar lingkaran dengan menggunakan circle tool. Kita gambar dengan radius 3 meter. Kemudian select garis pinggiran lingkaran, lalu klik kanan dan pilih Entity Info

1

2

2. Ganti dari 24 menjadi 48. Ini untuk mengubah jumlah sisi yang membentuk lingkaran. Pada Google Sketchup lingkaran terdiri dari garis garis lurus. Semakin banyak sisinya maka akan tampak semakin mulus. (Trik: Selain ini ada cara lain yang lebih mudah, yaitu klik circle tool, kemudian ketik jumlah sisi (misalkan 48), kemudian enter, lalu gambar lingkaran yang akan dibuat. Hasilnya sama.)

3

3. Dalam tutorial ini kita akan membuat kubah yang lancip. Buatlah seperti pada gambar, dengan menggunakan Arc tool.
4

4. Untuk membuatnya menjadi benda tiga dimensi, gunakan tool Follow Me (pada menu Tools > Follow Me (inget, di sketchup ya bukan di twitter😀 ))
5

(Trik: Ada cara yang lebih cepat. Lihat gambar di bawah ini. Pertama select area lingkaran bawah (area 1) dengan select tool. Kemudian klik tool Follow me. Terakhir, klik di area nomer 3)

6

Voila! Jadilah seperti ini..

7

5. Select all. Kemudian klik kanan, Select > Bounding Edges. Klik kanan lagi kemudian pilih Soften/Smooth Edges. Ubah nilai degree-nya menjadi 0, dengan demikian garis-garis rangka yang membentuk kubah terlihat semuanya.

9

6. Buatlah layer baru dan gambarlah garis garis silang seperti pada gambar. (pastikan anda menggambar di layer yang baru)

11

7. Kembali ke layer 0, buatlah garis bantu untuk menentukan titik tengah di dasar kubah.

12

8. Pindahkan ke layer 1, dan matikan layer 0. Gebuklah sampai mati. (hapus tanda centang di kolom visible di Layers). Dengan demikian, kubahnya hilang (hayo lohh..), yang terlihat hanya garis-garis silang yang tadi kita buat di layer 1. Select All.

13

Kemudian aktifkan lagi Layer 0 dengan mencentang visible.

9. Kita akan melakukan rotate copying. Ngopi sambil muter-muter. Dengan ini kita nggak usah bikin garis-garis silang itu semuanya, cukup satu baris saja, kemudian dicopy. Pertama klik Rotate tool. Kemudian klik di tengah dasar kubah, di ujung garis bantu yang kita buat tadi. Pastikan rotate tool berwarna biru (rotasi pada sumbu biru). (Trik: Agar rotate tool tetap berwarna biru, caranya arahkan dulu ke luar kubah. Jika sudah berwarna biru, tekan dan tahan tombol shift pada keyboard, kemudian geser dan klik untuk ditempatkan di tempat yang dimaksud)

14

10. Setelah itu, klik pada endpoint di titik 1. Tekan tombol Ctrl (tidak usah ditahan), geserkan dan klik di titik 2. Setelah itu jangan menyentuh apa-apa dulu.

15

11. Langsung ketikkan 47x. Ini artinya Sketchup akan mengcopy sesuai angle yang telah ditentukan sebelumnya (Angle bisa diisikan dengan nilai sudut, atau bisa seperti pada langkah 10). Karena di langkah pertama tadi kita mengisi jumlah sisi lingkaran sebanyak 48, maka dalam langkah ini kita isikan 47x, karena yang satu adalah yang kita copy itu. Tapi mau diisikan 48x juga no problem, paling nanti double.

16

12. Setelah diketikkan 47x, tekan enter. (untuk komputer yang lemot, butuh waktu lama untuk loading) Hasilnya seperti ini.

17

13. Select All, dan klik kanan. Pilih Soften/Smooth Edges. Kembalikan ke angka 20 degrees.

18

14. Kini kubah siap diwarnai sesuka hati🙂

19

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s