Tips & Trik Menggambar Diagram Gaya Dalam (Shear & Moment)

Tentu menghitung gaya dalam ini adalah ilmu yang sangat dasar dalam mekanika.Dalam menghitung gaya dalam, yang dulu saya diajarkan adalah mencari reaksi tumpuan dan membentuk persamaan gaya dengan variabel x. Tentu dalam membuat persamaan dibutuhkan ketelitian, dan juga waktu. Kadang-kadang ketika ujian konsentrasi agak buyar karena tegang dan waktu yang tidak memadai. Ujian pun berantakan.

Ada trik untuk mengerjakannya agar lebih cepat (untuk struktur statis tertentu). Langsung saja kita mulai dari menggambar diagram gaya geser (Shear Force Diagram).

Contoh 1.

1

Perjanjian tanda: gaya ke bawah = negatif, gaya ke atas = positif, searah jarum jam = positif. Pertama-tama sebelum menggambarkan diagram gaya dalam, anda harus menguasai dulu mencari reaksi tumpuan (baca postingan sebelumnya). Dalam contoh sudah diketahui besarnya gaya tumpuan (berwarna biru muda).

Kita mulai dari kiri ke kanan. Di posisi awal (x=0 m), ada gaya ke bawah sebesar 6 kN. Kita tarik ke bawah sebesar 6 kN.

2

Karena di antara x=0 dan x=4 tidak ada gaya, maka tarik garis datar horizontal sampai ke titik yang ada gayanya lagi, di x= 4 m yang ada gaya sebesar 12 kN.

3

Karena ada gaya kebawah sebesar 12 kN, maka tarik kebawah sejauh 12 kN. Atau dengan kata lain, (-6)+(-12) = -18 kN.

4

Berikutnya tarik garis mendatar lagi sampai gaya berikutnya, yaitu di x= 8 m.

5

Di posisi tersebut ada gaya tumpuan sebesar 18 kN ke atas. Tarik keatas sebesar 18 kN. (-18) + 18 = 0. Gaya momen tidak usah dipedulikan, karena ini adalah diagram geser.

6

Jika hasil akhirnya tidak 0 maka perlu dicek ulang hitungan sebelumnya. Jika sudah, maka diagram gaya geser sudah jadi dan siap untuk dihidangkan😀 Oke Next ke contoh selanjutnya.

Contoh 2

7

Untuk beban merata, bentuk diagramnya sedikit berbeda dengan beban terpusat seperti di contoh satu. Di permulaan (x=0 m), tidak ada gaya yang bekerja (pada beban merata gaya gesernya terdistribusi secara linear). Di ujung beban merata (x= 7 m), gaya geser yang bekerja adalah 7 m x 4 kN/m = 28 kN.

8

Tarik garis mendatar sampai ke gaya selanjutnya di x= 9 m.

9

Tarik garis ke atas 28 kN. (-28) + 28 = 0. Oke bro..🙂

10

Contoh 3

11

1213141516

Bersambung ke Part II..🙂

One thought on “Tips & Trik Menggambar Diagram Gaya Dalam (Shear & Moment)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s