Sukses Tak Harus Sibuk

Kunci sukses adalah produktif. Namun apakah orang yang terus menerus duduk di depan komputer, dengan seabreg pekerjaan, atau dengan ribuan sms yang menumpuk di handphone, atau dengan ratusan deadline acara yang harus dilakukan, adalah orang-orang produktif? Belum tentu.

Banyak orang yang selalu sibuk setiap harinya hingga tak ada waktu satu menit pun untuk meluangkan waktu bersama keluarga atau sahabat-sahabatnya. Banyak orang yang sibuk dengan pekerjaan kantornya, namun ia tak menggapai keinginannya. Banyak siswa yang mengikuti les di berbagai bimbingan belajar, tapi tak ada yang menempel di otaknya. Yang mengerikan adalah jika mereka kehilangan kebahagiaan!

Yang terpenting adalah bukan sesibuk mungkin seseorang dalam bekerja, tetapi bagaimana seseorang memahami tujuan dari apa yang mereka kerjakan. Walaupun dengan sibuk seseorang bisa menghasilkan materi, tetapi tidak untuk keadaan rohaninya. Segala sesuatu butuh keseimbangan. Apa karena kesibukan, seseorang harus rela tidak menemani anaknya bermain walaupun hanya satu jam? Apa karena kesibukan, seseorang harus rela tidak menghadiri undangan sahabatnya walaupun hanya beberapa menit? Syaikh Ibnu Athaillah mengatakan, “Istirahatkanlah dirimu dari melakukan tadbir (mengatur urusan duniawi) dengan susah payah. Karena, sesuatu yang telah diurus untukmu oleh selain dirimu (sudah diurus oleh Allah)“.

Fokuslah terhadap tujuan, kejar dengan sungguh-sungguh, selalu evaluasi apa yang dilakukan, berlaku seimbanglah terhadap segala sesuatu.

“Sesungguhnya Allah tidak menyukai mereka yang berlebih-lebihan (melampaui batas)” (QS.Al-A’raaf : 31)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s