Cantik itu seperti apa?

Suatu hari kakek bercerita pada cucunya. “Apa kamu tahu apa yang membuat cinta itu terasa indah?” tanya sang kakek. Cucu pun menggeleng. “Yang membuat cinta terasa indah adalah perempuan yang memiliki keturunan, kekayaan, dan kecantikan.” Sang cucu bertanya keheranan, “Bukankah Rasul menyarankan agar kita memilih perempuan yang baik agamanya?”

Jawab sang kakek, “Cinta akan terasa indah jika seorang perempuan mempunyai keturunan orang-orang yang shaleh, maka keshalehan dari atasnya akan menular pula padanya. Cinta akan terasa indah jika seorang perempuan memiliki kekayaan yang tak pernah habis, yaitu kekayaan ilmu pengetahuan serta budi pekertinya yang dapat diamalkan terus menerus hingga tak pernah habis.”

“Lalu bagaimana dengan kecantikan?” tanya si cucu.

“Kecantikan dan ketampanan adalah keindahan yang dimiliki setiap manusia, ketika kulitnya tak tampak mengencang lagi, tubuhnya sudah tak tegak, giginya banyak yang retak, rambutnya rontok hingga botak, dan memutih seperti bedak. Dan lebih baiknya lagi ketika tubuh telah dibungkus kain yang sederhana, ditidurkan dan diberi bantal dari tanah liat, dan diselimuti oleh tanah merah yang dikerubungi serangga, dan di atas kepala ditancapkan sebuah kayu. Ketika istrimu seperti itu kau akan memandangnya dengan cinta di hati, dibanding ketika muda engkau akan memandangnya dengan penuh birahi. Cintamu seharusnya seperti arkeolog, semakin tua umur si fosil semakin ia menyayangi fosil tersebut. Karena keindahan tidak semestinya jadi ukuran, tapi kematangan dan nilai-nilainya yang diperlukan..”

4 thoughts on “Cantik itu seperti apa?

  1. nice share,,
    tapi kenapa ya, sekarang itu kecantikan selau dari fisik, yang putih tinggi langsing, itu baru cantik menurut cowo
    gimana nih?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s