Cerita Guruku di Negeri Luar

Pagi tadi aku mendengar cerita dari guruku tentang pandangan-pandangan negatif terhadap Indonesia. Suatu saat ketika guruku bertemu teman lamanya yang sudah lama bekerja di Korea, ia bercerita tentang pengalamannya di Korea. Ia berkata bahwa di suatu taman ada satu papan peringatan “Dilarang Menginjak Rumput”. Papan tersebut hanya ditulis dalam bahasa Indonesia, dan tidak ada satu pun dalam bahasa lain. Kita bukan bangga bahasa kita dipakai di orang lain, tapi itu menandakan orang-orang di negara lain telah mencap orang Indonesia yang tidak taat peraturan.

Cerita yang lain saat guruku di negeri tetangga, Malaysia. Saat mengunjungi salah satu sekolah di sana, ketika pagi ia tidak menemukan siswa-siswa yang melakukan tugas kebersihan. Ketika ditanyakan pada siswa, mengapa tidak ada tugas kebersihan? mereka pun menjawab “Apa yang harus kami sapu? Memangnya di kelas bapak di Indonesia ada sampah?”. Guruku menjawab, “Di kelas saya di Indonesia tidak ada sampah, tapi kebiasaan seperti tugas kebersihan sudah biasa ditanamkan pada setiap siswa.” Argumen yang sungguh menyayat hati, demi mempertahankan martabat negara Indonesia guruku dengan terpaksa mengatakan keadaan yang jauh dari apa yang dikatakan.

Ketika mengunjungi taman bermain di Malaka, ketika orang-orang Indonesia masuk, petugas di loket masuk memberikan kantong keresek untuk tempat sampah. Namun ketika orang Jepang masuk ke dalam, petugas hanya memberikan senyum manis tanpa ditambah kantong keresek. Mungkin mereka percaya orang Jepang tidak akan membuang sampah sembarangan seperti orang Indonesia.

Sungguh miris memang melihat keadaan seperti itu. Kebiasaan buruk warga Indonesia dijadikan Label Kepribadian yang dipandang negara-negara lain. Namun walaupun demikian kekecewaan kita terhadap Indonesia takkan ada artinya jika kita tidak melakukan perubahan. Indonesia takkan pernah berubah jika kita tidak berubah, karena itu lakukan perubahan untuk merubah keadaan Indonesia menjadi yang terbaik!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s