Propelant, Bahan Bakar Roket

KNO3 + gula

Untuk membuat Roket dapat meluncur dengan kuat, diperlukan takaran yang pas untuk bahan bakarnya. Bahan bakar roket bisa memakai KNO3 + gula, atau memakai black powder. Tapi karena black powder beresiko meledak, jadi lebih aman menggunakan KNO3. Bahan bakarnya bisa serbuk atau dimasak terlebih dahulu.

Untuk membuat bahan bakar roket pipa PVC berukuran 5/8” dengan tinggi 12 cara membuatnya sebagai berikut:

Alat dan bahan

  1. 20 gr Potassium Nitrat (KNO3)
  2. 11 gr Gula
  3. Air secukupnya
  4. Spatula
  5. Panci kecil
  6. Kompor listrik

Langkah Kerja

  1. Nyalakan kompor listrik, masukkan gula ke dalam panci.
  2. Tuangkan sedikit air ke dalam panci, jangan terlalu banyak. Cukup membasahi gula pasir saja, agar gula bisa dimasak.
  3. Tuangkan KNO3 ke dalam panci. Aduk hingga merata sampai berwarna coklat seperti caramel.
  4. Propelan sudah jadi.

Catatan: Propelan KNO3 cepat mengering, biasanya di panci akan terdapat bekas gula.

46 thoughts on “Propelant, Bahan Bakar Roket

  1. mas, kira kira propelant spt diatas, jangkauan roket bisa brp meter?

    Dan pembakaran (penyalaan igniter) dari atas atau dari bawah?
    Tanks

  2. sory bro nyimbrung pembicaraan nih hehehe….suatu propelan roket hanya perlu oxsidator dan fuel, kno3 adalah oxsidator sedangkan fuelnya adalah gula (sukrosa)bnyak bahan yang lain yang bisa digunakan sebagai oxsidator maupun fuel…bisa juga digunaka katalis untuk mempercepat cepat bakar, atau menaikan gaya dorong pada roket,jenis katalis juga bnyak,…untuk mengatur gaya dorong pada roket kita bisa memvariasikan lubang kofigurasi pada propelan roket, thanks semoga bermanfaat.

  3. kita bekerjasama untk dpat membuat n menciptakn sbuah roket yg trbaik .
    Saya pernah coba mas akhir tahun akhir tahun 2009-prtngahan 2010 roket propelan gula pasir:kno3/70:30 .dgn ukuran diamtr mtor roket antara 20mm,25mm,30mm hasilnya dapat trbang antra 150,200, dan 300 meter .dgn thrus mulai 6 N, 10 N, dan 15 N dgn propelan kasar jika halus dan struktur mtor roket yg baik bisa smpai max 20-90 N .
    Intinya di tehnik pembuatanya ada teori dan praktek yg baik . Semoga data sy brmamfaat mas .maju truz semangat .

  4. saya cari cari di toko kue tidak ada,ya……mudah mudahan saya bisa mendapatnya.amin…..,oya kita bisa berteman gax dari facebook,kak udah pernah menyobain belum roket dari sendawa dapur kalo sudah kasih tau hasilnya apakah bagus/tidak.kak kalo boleh tau nama kaka dari facebook apaan?………….,,,,,,,,,,,

  5. bkin roket amatiran mas agung, kno3 dah ada, tiggal iron oxide lom ada, mas agung sy ada prtanyaan ni, 1.tabung pake pvc apa g leleh?
    2. klo sy mengerik karat besi tua bsa bwat pgnti iron oxide tdk? 3.nama pasaran besi oxide apa? maklum…gan, newbie rocketry

  6. mas admin & agan2… bantu ane donk, tempat beli sorbitol tu di mana? yg kiloan gitu klo ada jd agak murah,,?
    ane ingin xoba nie…

      • mas agung gan agan pecinta roket.., ane mw tanya, kalau besi oxida tu apa? dan bisa dapatkan dari mana? sy trtarik mw coba, kykx asik nih,,

      • besi oksida biasanya buat pewarna,, pewarna kosmetik atau kembang api.. btw, mau bikin apa?

        selamat mencoba mas acep🙂

  7. untuk propelan yg bagus menggunakan rasio 65/35 = kno3/gula dapur biasa….saya biasa nambah besi oksida/besi karat …hasilnya pembakaran sangat sempurna bagus tidak meninggalkan residu gula hanya carbon yang tertinggal…memang karena gula mengandung carbon…saya membuatnya dengan memasaknya….usahakan masak sampai airnya habis….jadi semua bahan dicampur di dalam panci dengan air sedikit…aduk trus sampai seperti gulali…..propelan harus kerass seperti permen/gula batu….klo gk keras berarti masih ada kandungan airnya…….besi oksida hanya mempercepat pembakaran

  8. dalam kandungan potassium nitrate/kno3 murni adalah ,nitrogen dgn kandungan 13-13,5 % ,K-K2O 44-46 % bisa dilihat dan di download di = http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&cd=7&ved=0CF0QFjAG&url=http%3A%2F%2Fwww.haifachem.com%2Fdownload%2Ffiles%2Fenhanced%2520performance%2520of%2520processing%2520tomatoes.pdf&ei=hKFoTorGGYyvrAfgq-nLCg&usg=AFQjCNGm0oj9tUoJ87ZUSiE-GhqD6DmKbw

    klo saya membuat propellant ,kno3 nya pake pupuk kno3 putih merk pak tani dalam bentuk prill….dengan kadar Nitrogen(dlm bentuk nitrat) : 13% & K-K2O : 45 %…..itu sudah 98 % murni..agar meyakinkan bisa dilihat lagi di google : potassium nitrate analysis / potassium nitrate fertilizer analysis/ potassium nitrate technical grade…..ada lagi yang kristal nama pupuknya grand k….itu sangat mantabs untuk membuat propelan….kandungan k2o nya 46 %….jadi coba cari pupuk kno3 dengan kandungan nitrogen 13% dan K2O 45 %, bisa dicari di daerah perkebunan,seperti di batu…saya beli di batu untuk kno3 putih merk pak tani bentuk prill harga 30 rbu untuk 2 kilo , klo grand K kristal 25 rbu untuk 1 kilo …untuk pupuk kno3 yg dalam bentuk prill bisa dikristalkan dengan cara merebus dengan air trus disaring dgn kertas filter…lalu direbus sampai airnya habis dan ditunggu sampai dingin…..semoga membantu….salam

  9. coba tumbuk halus, KNO3-nya, trus dicampur dengan cat lacquer nippe atau suzuka yang bening(clearcoat), campurannya saya juga masih riset, yang jelasnya %/w kno3 lebih banyak, cat lacquer itu nitrocellulosa, hampir sama dengan yang diisi dalam peluru standar militer, cuman itu mononitrocellulose, bukannya trinitrocellulose, yang biasa dipake militer, jadi harus ditambah oxidizer lagi biar pembakarannya tambah cepat, trus tambahin lem epoxy sekitar 2% biar konsistensinya bagus(keras) nggak lembek.

  10. Karena KNO3 pada pupuk hanya sekitar 80-85%. Bahan bakar yang saya buat lebih berguna sebagai bom asap daripada propelant. Dan pemasakan dengan air membuat bahan bakar tersebut basah dan mudah hancur.

    Saya mau tanya.

    1. Apakah KNO3-nya harus ditambah agar menjadi propelant?
    2. Apa ada cara lain untuk memasak KNO3 + gula tanpa air?

    • 1. pemasakan dengan air tidak akan membuat propelan basah dan mudah hancur. karena KNO3 dengan sorbitol/gula dimasak sampai mengental, dan saat didiamkan adonan kno3 dengan sorbitol akan menjadi sangat keras.
      2. saya belum tahu. yang saya tahu selain cara diatas adalah gula dan kno3 dibuat menjadi larutan terlebih dahulu, baru dimasak.

  11. Note:
    semakin cepat pembakaran maka semakin besar pula thrust yang dihasilkan namun implus yang dihasilkan tetap sama cepat atau lambat, untuk jenis KN-Sorbitol. Ini sangat berpengaruh terhadap pengolahan dan bahan yang digunakan seperti Sorbitol cair yang dimurnikan dengan proses yang lama jadi harus terus dijaga dan mungkin kalium nitrat nya yang kadarnya agak kurang atau yang bagus kalium nitrat 98%.
    mungkin bermamfaat^

  12. Tambahan mas Agung :
    bukannya jika pakai gula pasir dengan cara pemasakan diatas, propelannya tak akan tahan lama alias mudah rusak dan mengurangi performa motor nya.
    Setahuku blackpowder (BP) lebih stabil daripada Gula + KNO3.

    lebih baik pakai sorbitol bisa cair & padat, tapi yang cair kudu dimurnikan dulu…
    Salam Sesama Pecinta Roket
    sahwawi136@rocketmail.com

    • Iya betul, tapi Blackpowder kadang-kadang bisa meledak.
      Saya sudah coba pakai gula biasa, memang ternyata performanya jelek. Semburannya kurang kuat, paling roket bisa terbang beberapa meter.
      Saya pernah coba propelan dari sorbitol, bagus.. Semburannya kuat dan tahan lama. Tapi saya belum mencobanya di roket, baru tes propelannya saja.
      Thanks tambahannya..

      • menurutku ada beberapa faktor yg membuat blackpowder mledak sbgai propelan roket mas Agung .yg prtama komposisi blackpowder coba kurangi kno3nya yg lain dtambh, ke2 adalah kekuatan struktur motor roket yg baik untk bp pake gulungan kertas atau bambu pke pipa pvc akn meleleh dgn mudah dan nosel brbahan komposit yg baik .semen ,dan ke3 ukuran diamtr throat (kerongkongan nosel) hati2 trlalu kecil akan meledak trlalu bsar tdk akn memiliki thrust yg cukup .semua itu harus diperhatikn krna kta butuh detail ktelitian mas. Jadi, penelitian experimental mas .trimkasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s