Membuat Igniter Roket

Agar roket dapat meluncur dengan kuat, pembakaran yang tepat juga perlu diperhatikan. Pembakaran bukan dilakukan dari bawah, melainkan dari atas. Pembakaran dari bawah akan menyebabkan propelan terbakar dari bawah dan menghasilkan asap dengan tekanan yang rendah, karena jarak antara pembakaran dan landasan terlalu pendek. Berbeda dengan pembakaran dari atas, propelan akan terbakar dari atas terlebih dahulu dan akan menghasilkan tekanan yang kuat.

Menggunakan sumbu pada roket bukanlah hal yang tepat. Karena menggunakan sumbu pasti akan membakar propelan pada bagian bawah terlebih dahulu. Untuk membuat pembakaran terjadi dari atas diperlukan igniter, yaitu pemicu pembakaran dengan menggunakan konsep korsleting listrik. Saya sudah mencoba dengan menyatukan kabel positif dan negative agar terjadi percikan api yang menyebabkan pembakaran. Tapi hasilnya percikan api tidak menghasilkan pembakaran. Oleh  karena itu saya memakai metode baru, yaitu memakai bohlam kecil atau lampu kecil untuk natal.

Alat dan bahan

  1. Kabel tembaga
  2. 4 Batere 9v atau aki motor.
  3. Lampu natal
  4. Lilin
  5. Air
  6. Tang
  7. Black powder/serbuk puntung korek
  8. Selotip

Langkah kerja

  1. Nyalakan lilin, lalu panaskan lampu natal dari pinggir lilin selama 10 detik.
  2. Hancurkan kaca lampu dengan menggunakan tang. Catatan: Jangan menghancurkan kaca seluruhnya, hancurkan bagian atas lampu saja.
  3. Masukkan black powder atau serbuk korek ke dalam kaca lampu. Tutup dengan selotip.
  4. Sambungkan kabel pada sumber listrik. Serbuk korek akan terbakar.

15 thoughts on “Membuat Igniter Roket

  1. Ikut saran ya.Bikin Ignitor Roket .
    Kalo saya pake lampu phil**p.gak usah yang baru yang bekas aja , nah gitu pecahin kacanya kalo udah keliatan ada kawat katode nya trus potong sama besi penjepitnya sekalian ,bikin alas dari ignitor pake lempengan besi harus kuat dan gak bolong kalo bolong bisa kemna mana gas pendorongnya.trus satukan badan roket dengan tutup yang udah di pasang ignitor .sambung dengan cara di las .kelebihan metode ini adalah
    .suhu yang dihasilkan ignitor cenderung tinggi di kisaran 4,5v-9v .di atas itu suhu yang diperoleh sangat tinggi dan akan putus kawatnya.
    Bubuk black powder dan campuran sulfur (yang ada di ujung petasan korek) bisa seketika terbakar
    .kelemahan
    Pengerjaan agak ribet
    Trus pas ngelas tutup atas sama badan roket jika nggak hati hati kawat katode biza putus kalo kena api las
    Hati hati pas ngetes ignitor kena jari bisa nuyebabin luka bakar swperti alat laser buat khitan

  2. Mas saya masih bingung dengan gambaran pembakaran dari atas. bayangan saya jika atas yang terbakar maka tekanan akan ke bawah. tolong penjelasannya🙂

  3. hmm, ya intinya kawat stainles stel dibuat koslet jadi kudu tegangan yg lebih tinggi, 12 volt pake aki motor mas, bagus…
    kalo kawat pada lampu natal dia tak bnyak memakan energi jadi dapat langsung terbakar/nyala beda dgn kawat stainles stell,..
    sory yah bru balas soalnya ga ada nongol di pemberitahun email..hehehe

  4. hmm, emang tegangan yang mas pake berapa?
    untuk membakar kawat itu kudu ampe tegangan 12 volt pake aki motor pasti mau, klo lampu natal pake tegangan yang rendah emang bisa, cuman beda tegangan dimana energi yg dibutuhkan lebih bnyak ni terlihat dari perbedaan fisik kedua kawat antara kawat pada lampu natal dan kawat stainles stell…
    sory lama ngebalasnya; hehehe
    ga keliatan..,

  5. Assalamu’alaikum, Wr.Wb…
    email : sahwawi136@rocketmail.com
    FB : sahwawirocketry@ymail.com
    Phone : 081350319332

    Menurut saya Ignition yang mas buat keren juga dan ada lampu nya lagi tapi agak ribet pake lampu natal dan kayaknya mahal dan kurang praktis jadi saya punya solusinya.

    “MEMBUAT IGNITER MENGGUNAKAN PENGIKAT RAMBUT MODERN”

    hehe, jangan tertipu dari namanya mas…

    Alat dan bahan :
    -Black powder/KN-Sorbitol
    -Pemicu >> pakai pengikat rambut modern atau yang sering dipakai buat GOSOK2 PANCI (PENGOSOK PANCI) berbentuk kawat2 berwarna stainless stell harganya 1000 rupiah bisa dapat berkaki2
    -Sepasang kabel kecil

    Cara buat:
    -potong kawat sepanjang kira2 2-3 cm dan kupas kabel kecil lilitkan dengan kabel seperti biasa
    -taburi dan padatkan dgn propelan roket dan siap

    ok. Semoga bermamfaat”

    • nah itu dia.. sebelum saya pake lampu natal, saya coba pake itu. tapi gagal, jadi saya pakenya lampu natal itu.
      pas saya cobain pake kawat stainless itu, ga ada reaksi sama sekali, kenapa ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s