Roket Amatir Gula + KNO3

Dunia peroketan amatir sudah tidak asing di bumi Indonesia ini, mulai dari roket air sampai roket muatan.  Setelah melihat peluncuran roket di perlombaan roket air tingkat SMP, saya pun muncul rasa iseng untuk membuatnya. Lagipula ini bukan seperti mainan anak ingusan, seperti petasan atau roket kembang api yang hanya menyalakan langsung meledak. Diperlukan ketelitian dan kecermatan untuk membuatnya.

Mula-mulanya saya membuat roket air dari botol aqua bekas, tapi lama-lama bosen juga sih. Rasanya kayak anak-anak, soalnya di luar negeri, roket air udah dipraktekan oleh anak-anak SD di sana. Setelah melihat video-video roket NASA dan LAPAN, akhirnya ada ide gila untuk membuat roket muatan. Setelah browsing di internet, ternyata bahan bakarnya KNO3 atau potassium nitrat dengan gula. Saya pun mulai meneliti KNO3, bahan-bahan yang mudah meledak, dan bisa meluncurkan beban dengan kuat. Setelah 4 bulan melakukan berbagai percobaan, akhirnya saya menemukan bahan bakar yang tepat untuk muatan roket.

Susahnya mencari KNO3 menjadi kendala yang cukup berarti bagi proyek ini, karena pembelian KNO3 harus ada izin dari kepolisian dan minimal pembelian 30 kg. Wah, 30 kg harganya 1.250.000 rupiah, mana ada saya uang segitu, lagipula 30 kg itu banyak banget, emangnya mau buat bom.. Toko-toko kimia di Bandung sudah saya kelilingi, tapi pasalnya mereka tidak berani menjual setelah kejadian bom Bali.

Karena penasaran, saya melakukan percobaan dengan bahan-bahan yang mudah terbakar lalu dicampur-campurkan dengan bahan lain. Ya, saya sok tahu saja, asal campur yang penting berhasil, mulai dari lem super, urea, fruktosa, alkohol, dll.. Namun semuanya tidak membuahkan hasil.. Saya pun browsing lagi, dan saya menemukan NaNO3 sebagai pengganti KNO3. Tapi masalahnya saya butuh Amonium Nitrat, dan kendalanya sama yaitu memerlukan perizinan. Tapi saat itu, ayah teman saya yang bekerja di bidang kimia dapat memberikan saya amonium nitrat walaupun hanya sedikit.

Saat itu saya berhasil membuat Natrium Nitrat sebagai pengganti KNO3, setelah saya coba pada roket ternyata tekanannya kurang kuat. Saya pun mendapatkan instruksi cara-cara membuat KNO3, dan akhirnya saya pun berhasil membuat KNO3 dan berhasil diaplikasikan pada roket.

Untuk pembuatannya lihat postingan selanjutnya ya!

20 thoughts on “Roket Amatir Gula + KNO3

  1. mas mau tanya apa bisa terbang tinggi bila badan roket menggunakan besi/setenles? klo bisa ituh bisa meledak kga membutuhkan brapa kilo gram kno3 gulanya…boleh kga supaya daya ledaknya aga besar dikasih bubuk petasan.
    klo pembikinan roket yang meledaknya saat jatuh ditanah gmna cranya?

    • Dicoba aja dibikin propelan sedikit, tes dibakar. kalau pembakarannya bagus bisa dipakai.
      Saya ga tau KNO3 ada yang warna merah. Setahu saya KNO3 hasil reaksi dari ammonium dan kalium hidroksida itu garam kristal, bening.. (kalau diwarnai merah ga tau ya) Mungkin temen temen yang tau bisa dishare🙂

  2. Saya sudah mencoba membuat propellant sugar rocket dengan KNO3 berdua anak saya.

    Kalau ada komunitas roket gula di Bandung tolong di infokan ya… saya berminat mas agung…

  3. adakah mainan yg lebih aman secara hukum negara??
    pasalnya setelah isu teroris mainan beginian gede resikonya gan,,,,aku kapok urusan ma polisi

  4. pakai batu api (batu yg ada di korek gas), dicampur dengan norit (obat sakit perut), di campur dengan kembang api batang. semua di tumbuk halus dan di campur. untuk komposisi silahkan eksperimen sendiri.

  5. tuk mas agung ane juga penggemar roket.sharing ya .cara bikin bubuk roket. campuran satu 3gr sodium benzoate di campur 7gr kclo3. campuran ke dua 2gr bubuk arang 1gr bubuk belerang 6 gr kno3 dicampur, lalu campuran ke satu dan ke dua di campur maka jadilah bubuk roket 19 gr, cara kerja roket . kalo bubuk di sulut bara lidi meledak dlm 1 deti ,kalo utk roket musti di cetak padat campur air dan lem pati lemakol diisi di tabung dan keringkan ,pasangi nosel sulut bara api sumbu terbakar 3 detik terbang ke angkasa

  6. tolong kasih tau saya cara membuat Kno3.saya ingin membuat bubuk mesiu buat petasan.saya cari di internet ternyata butuh KNO3

Leave a Reply

