Cara Membuat KNO3 dengan menggunakan Amonium Nitrat.

Seperti yang saya katakan di postingan sebelumnya, saya membuat sendiri KNO3 dari KOH + Amonium Nitrat. Berikut ini saya lampirkan pembuatannya.

Alat dan bahan

  1. 2 Gelas kimia
  2. 50 gr Potassium Hidroksida (KOH) bisa dibeli di toko kimia. Kalau di Bandung bisa dibeli di toko Seger Chemical, daerah Kosambi. Disana KOH paling dijual 20 ribuan/kg, tapi waktu saya beli disana sedang habis stok, jadi saya beli di Tomasen Chemical. Daerah Kosambi juga, sebelum rel kereta api. Tapi di sana harganya lebih mahal 40 ribu/kg.
  3. 80 gr Amonium Nitrat. Kalau beli di toko kimia, nggak bakal dikasih. Soalnya sama seperti KNO3, harus pake perizinan. Saya dapat dari ayahnya teman saya yang kerja di bidang kimia. Tapi bisa didapat dari instant cold pack (kompres pendingin) bisa dibeli di apotek (kalau di luar negeri sih ada, nggak tahu kalau di Indonesia)
  4. 70 ml air panas.
  5. Air dingin secukupnya.

Langkah Kerja

  1. Masukkan Amonium nitrat ke gelas kimia dan larutkan dengan 70 ml air panas. Aduk hingga rata. Amonium nitrat akan bereaksi dengan air. Suhunya akan dingin.
  2. Masukkan KOH ke dalam gelas kimia yang satunya lagi. Larutkan dengan air dingin secukupnya. KOH akan bereaksi dengan air. Suhunya akan panas.
  3. Campurkan larutan ammonium nitrat dengan larutan KOH dengan perlahan-lahan. Catatan: Jangan sekali-kali mencampurkan larutan ammonium nitrat dengan KOH secara langsung. Kedua larutan tersebut akan bereaksi dengan hebat dan mengeluarkan gas ammonia dalam jumlah yang banyak.
  4. Biarkan hingga mengkristal. Simpan di tempat yang terkena sinar matahari. Tunggu 1-2 hari. Apabila masih ada air, pisahkan airnya dari Kristal KNO3. Panaskan air tersebut dengan kompor listrik, dan ambil endapannya. Catatan: Jangan menggunakan kompor gas atau kompor minyak, karena api akan menimbulkan KNO3 meledak/terbakar.
  5. Kristal KNO3 akan berbentuk seperti vetsin.
  6. Selamat mencoba.

Catatan: Apabila ada kecelakaan atau penyalahgunaan, saya tidak bertanggung jawab. Itu tanggung jawab yang menghamili anda.

About these ads

15 thoughts on “Cara Membuat KNO3 dengan menggunakan Amonium Nitrat.

  1. KNO3 –> Legal, murah dan dapat dibeli di semua agro shop dan toko bahan kimia (teknis atau PA)
    NH4NO3 –> Ilegal, perlu izin kepolisian. Bahan dasar beberapa peledak.

    Aneh, kenapa mengajarkan cara membuat bahan legal yang mudah didapat dari bahan ilegal? Coldpack ammonium nitrate paling umum di Amerika doang. Copy paste dari sana artikel Amerika? Udah dijihadin, dikopi, ngaco lagi…kasihan…

    • Mas amat yang pinter..

      Ini blog saya ya, jadi terserah saya mau nulis apa.. :)
      Toh mau dibikin dari bahan yang ilegal kek, mau dari bahan yang ghaib kek, yang penting ini sains dan bermanfaat.
      Ngapain ngajarin bikin minyak kelapa sawit kalo harus nanem dulu nunggu panen terus diolah, kalo bisa tinggal beli di supermarket? Ngapain ngajarin bikin api unggun kalo bisa pake kompor gas? Itu semua ilmu bro..

      Anda tahu darimana coldpack nggak ada di Indonesia? Saya kan sebelum nulis ini udah percobaan dulu bung :D Anda tahu darimana copy paste? Wong saya referensinya dari youtube kok, gimana copasnya :D

      • 1. Istilah ‘copy paste’ = artikel tidak genuine yang tidak dikonfirmasi keabsahannya. Apapun sumbernya, bagaimanapun cara menyalinnya tidak jadi soal, tetep aja copy paste. Jangan mengartikan istilah ‘copy paste’ secara harfiah.

        2. “…yang penting ini sains dan bermanfaat…”

        Sains? Ya, boleh lah
        Bermanfaat? Ga juga

        KNO3 bisa didapat dengan terlalu mudah dan sangat murah, cuma beberapa ribu perak.
        Ammonium nitrat teknis ilegal , kecuali PA Grade yang harganya 1,8jtan per kg

        Jika ada artikel “Perengkahan gas methane dan separasi udara secara kriogenik lewat kolom rektifikasi temperatur ultra rendah sebagai bahan baku yang direaksikan dalam reaktor CSTR (Artikel Cara Membuat Air)”

        Sains? Ya
        Bermanfaat? Jelas engga, malah terlihat bodoh untuk sekedar mencobanya

        3. “Anda tahu darimana coldpack nggak ada di Indonesia?”
        Coldpack memang tidak ada di Indonesia karena impornya sendiri ilegal, adanya cuman Icepack atau ‘coldpack2an’. Isinya PEG/PAG/POE. Harus didinginkan dulu di kulkas, trus jadi pengganti es (daya tahan lebih lama dan tidak ada lelehan air). Bisa dipakai berulang-ulang.

        Coldpack beneran itu isinya 2 kantong (ammonium nitrat dan air biasa), Dipencet biar pecah membrannya, tercampur, jadi dingin (karena endotermik panas pelarutannya), dan sekali pakai.

        4. “Saya kan sebelum nulis ini udah percobaan dulu bung”
        It’s your right to claim. No one gives a damn about it.

        Udahan ah, good luck sama blognya dan lanjutkan nulisnya.
        Btw saya salut, tulisan saya provokatif dan menyerang, tapi anda jawabnya kalem2 aja. Sip!

      • 1. wah gitu ya.. saya memang tidak punya kamus yang mendefinisikan apa itu ‘copy paste’, boleh minjem? :D

        2. hehe,, berarti kita punya definisi “bermanfaat” yang berbeda :D

        3. Terimakasih penjelasannya :)

        4. It’s your right to comment :D

        Sip.. Terimakasih sudah berkunjung :)

  2. Saya kemarin beli pupuk KNO3. Memang sih kandungan KNO3nya tidak lebih dari 80-85% tapi sepertinya juga tidak kurang dari 70%. Dan sepertinya masih bisa dimurnikan. Entah bagaimana caranya.

    • ooh begitu ya.. tapi kayaknya kalau di pupuk itu senyawa kalium nitratnya bercampur dengan senyawa-senyawa lain lalu membentuk senyawa baru. Jadi kayaknya sulit kalau mau memurnikannya pake alat-alat yang seadanya..

      tapi kalau 80% itu sudah cukup untuk KNO3 siap pakai. tidak terlalu buruk lah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s